Paket Internet: Beli di Jepang atau Indonesia

PAKET internet selalu jadi pendukung ketika jalan-jalan ke luar negeri, termasuk di Jepang. Nah, lebih pilih beli paket internet di Jepang atau Indonesia.

Ada beberapa pilihan data internet, yakni melalui modem, SIM Card lokal, atau paket data roaming. Mana yang lebih murah dari ketiganya?

Menurut Oka Mukti, pakar jalan-jalan di Jepang, cara termudah, termurah dan tercepat adalah membeli paket data roaming dari operator lokal Indonesia.

Dia selalu menggunakan paket data roaming dari Telkomsel, berlaku 30 hari, dan kuota 5G. Setidaknya, dari pengalamannya, paket internetnya cukup murah.

Ya, bila dibandingkan dengan sewa modem yang paling murah per harinya. Bisa mencapai 450 yen, dengan data terbatas dan lemot.

Yang unlimited dan cepat bisa mencapai 850 yen per hari. Kalau harus sewa 10 hari, bisa ludes Rp 1 jutaan buat modem saja.

Benar, lewat modem dishare, tapi kecepatan akan turun saat banyak perangkat terkoneksi. Baterai cepat habis dan lama diisi dengan power bank.

Jarak modem dan smartphone tidak bisa lebih dari 15 meter, jadi kurang nyaman selama perjalanan, harus berdekatan terus menerus demi terkoneksi internet.

Cara Okta Mukti membeli paket data internet, khususnya prabayar di Telkomsel, seperti berikut:

1. Tekan *266#,
2. Tekan 1 hot promo, lalu
3. Tekan 2. Promo Asia Australia, lalu
4. Tekan 4. Promo lainnnya.

Silakan pilih mana yang cocok. Jangan lupa, pengaturan SIM Card, data connection dan data roaming, dinyalakan.

1. Pada menu “Pengaturan”, pilih “Seluler”.
2. Pilih “Pilihan Data Seluler”.
3. Aktifkan “Roaming Data”.

Cukuplah menggunakan 5GB. Kenapa? Kalau sudah kembali ke hotel, bisa menggunakan jaringan internet hotel, hostel, atau apartemen.

“Pengalaman saya di Jepang, apalagi frekuensi internet saya padat, dengan 5GB sebulan buat 2 kali ke japan pun masih sisa banyak.

Boleh jadi, cara Okta Mukti ini, dapat ditiru. Hanya saja, saat ini, sudah ada perubahan. Telkomsel menawarkan apa yang disebut paket RoaMax Prabayar dan RoaMax Halo.

Kuota telepon roaming dapat digunakan melakukan telepon ke Indonesia, telepon ke nomor lokal negara setempat, dan menerima telepon.

Bila kuota telepon roaming dan SMS roaming habis, maka pemakaian selanjutnya akan dikenakan tarif dasar (PAYU) sesuai lokasi negara dengan nomor yang dituju.

Paket RoaMAX memiliki jangkauan terluas yang menjangkau hingga 181 negara dengan berbagai pilihan paket yang dapat dipilih sesuai negara tujuan.

Paket RoaMAX terdiri dari Paket RoaMAX Single Country yang dapat digunakan hanya di negara tujuan pilihan dan Paket RoaMAX Multi Country untuk beberapa negara di Asia, Eropa, Amerika Serikat-Kanada, dan Afrika.

Cara Mengaktifkan Paket RoaMax Prabayar
a. Tekan *266#
b. Muncul pilihan
1. RoaMax Single Country
2. RoaMax Umrah Haji
3. RoaMax Asia Australia
4. RoaMax Western
5. RoaMax Continent
6. Talkmania
7. Status&Info
8. SLI

c. Silakan tekan angka 1 (Single Country), dan akan muncul tampilan:
1. Singapura
2. Malaysia
3. Jepang
4. Thailand
5. Uni Emirat Arab
6. Turki
7. Korea Selatan
8. Next
9. Back
10. Home

Daftar Lengkap Paket Roaming
Detail Tarif Nonpaket

Opsi lain, bila memilih SIM Card Lokal: Unlimited Data 4G SIM Card (Multiple JP Airport Pick Up) for Japan from Sakura Mobile.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.