Transportasi dari Woodlands ke Johor Bahru

TRANSPORTASI dari Woodlands ke Johor Bahru, bisa dengan dua cara: naik bus dan naik kereta api. Tinggal pilih sesuai isi kantong.

Secara jarak, dari Woodlands ke Johor Bahru, tidak jauh. Kalau naik mobil sendiri, hanya 10 menitan. Kalau naik kereta api, hanya 5 menit.

Tapi, praktiknya tidak sesimpel dan secepat itu. Kenapa? Kamu harus melewati dua pemeriksaan imigrasi: di Woodlands dan di Johor Bahru.

(Catatan kecil saja: sebetulnya, kalau kakimu kuat, bisa jalan kaki kok. Hanya 5 km saja. Bila tidak mau, ada ojek online: Grab).

Jadi, apa pun pilihan moda transportasimu, ikuti saja alurnya. Berdoa saja, agar tidak ditolak masuk oleh Malaysia.

Saat ini, ada layanan bus dan kereta api langsung. Bus berangkat dari Woodlands Train Checkpoint dan tiba di Johor Bahru Checkpoint.

Layanan ini beroperasi setiap 10-15 menit sekali, berlaku setiap hari. Tiket 1-3 dolar Singapura. Teorinya sih, durasi perjalanan tidak lebih dari 12 menit.

Layanan kereta api, berangkat dari Woodlands dan tiba di JB Sentral. Kereta berjalan setiap jam sekali, dan berlaku setiap hari. Lama perjalanan 5 menit.

Kenapa cepat? Jarak antara Woodlands dan Johor Bahru kurang lebih 5 km dan kalau lewat jalan raya, 10,7 km. Kereta adalah pilihan terbaik, dengan tiket seharga 1-5 dolar Singapura saja.

Transportasi dari Woodlands ke Johor Bahru dilayani oleh bus milik SBS Transit, dan kereta api oleh KTM Malaysia Railway.

Kamu dapat membayar tiket bus dengan kartu EZ-Link, kartu ManjaLink (khusus untuk Bus Causeway) atau secara tunai. Sangat baik bila menyiapkan uang pas.

Kalau tidak punya uang pas, datangi loket untuk membayar di loket yang biasanya tersedia di setiap titik awal rute bus Causeway. Namun, untuk bus lain, tidak ada loket.

Durasi perjalanan dari Singapura ke Johor Bahru sangat bergantung pada kondisi lalu lintas. Bisa memakan waktu 1 jam saat off-peak (siang hari kerja), tapi bisa pula, sampai 4 jam saat jam sibuk, seperti malam akhir pekan atau menjelang Hari Libur Nasional.

Hal ini perlu diperhatikan jika hendak menyeberang dari Singapura ke Malaysia, dan kemudian akan berlanjut dari Johor Bahru, ke berbagai kota lain di Malaysia.

Ada 2 pos pemeriksaan perbatasan. Yang utama dan lebih tua adalah SG Woodlands CIQ dan JB CIQ. Keduanya sering disebut sebagai Jalan Lintasan atau Tautan Pertama.

Nama gedung pos pemeriksaan JB adalah Sultan Iskandar. Untuk mempermudah. Gampangannya, sebut saja Woodlands Checkpoint dan JB Sentral Checkpoint.

Yang kedua dan yang lebih baru, adalah SG Tuas CIQ, dan JB Second Link CIQ. Biasanya disebut sebagai Tautan Kedua atau Tuas.

Nama bangunan pos pemeriksaan JB Second Link adalah Sultan Abu Bakar. Lebih mudahnya, disebut Tuas Checkpoint dan JB Second Link Checkpoint.

Kedua pos pemeriksaan buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Tinggal pilih, kamu mau lewat mana, naik bus apa? Ini tergantung dengan tujuan akhir di mananya, di Johor Bahru.

Kalau kamu ingin belanja, main ke kafe, kulineran, nongkrong di mal, bisa memilih pergi ke JB Sentral Checkpoint melalui First Link.

Dari JB Sentral Custom, kamu tinggal berjalan kaki ke Johor Bahru City Square, Komtar JBCC, Terminal Bus JB Sentral, Jalan Wong Ah Fook, dan Jalan Dhoby.

Jika kamu berencana ke Terminal Larkin untuk naik bus lain dan melanjutkan perjalanan ke bagian lain Malaysia, dapat memilih First Link atau Second Link.

Jika Anda akan pergi ke bagian lain JB yang berada di dekat Second Link (seperti Legoland, Johor Premium Outlet, Bukit Indah, Iskandar Puteri), Anda dapat memilih Second Link.

Sebaiknya, sebelum memilih, cek kondisi lalu lintas di Google Maps? Pilih fungsi “lalu lintas” di Google Maps.

Di seluler, terletak di pojok kanan atas, di bawah kolom pencarian, di dalam menu drop-down. Di desktop, ada di menu drop-down, di pojok kiri atas.

Kalau lalu lintas berwarna merah tua berarti sangat padat. Tapi sekali lagi, lalu lintas padat mengacu pada lalu lintas mobil, bukan lalu lintas bus.

Ini Daftar Bus yang Melayani Rute Singapura ke Johor Bahru
1. Titik Keberangkaan Kranji MRT Station
Di Stasiun MRT Kranji, silakan ambil jalan keluar (Exit) C ke halte bus. Penukaran uang dengan tarif terjangkau tersedia di sini dan food court.

Dari Kranji MRT, ada 2 bus:
a. SBS Bus 170X (dulu namanya SBS Bus 170 blue plate)
Harga tiket: 1,43 dolar Singapura, bisa dibayar dengan kartu EZ-Link, atau tunai 2,10 dolar Singapura.

Operasional bus dari Kranji mulai 05.40 hingga 23.30 sedangkan kalau dari JB Sentral mulai 06.10 sampai 24.00.

Bus SBS 170X ini melewati Woodlands Checkpoint (First Link), dengan tujuan akhir Terminal Bus JB Sentral, yang dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Pos Pemeriksaan JB Sentral.

Jadi, biasanya setelah selesai proses di imigrasi di JB, tidak ada lagi yang naik bus 170x. Sebagian besar penumpang yang mau ke JB Sentral, memilih jalan kaki dari Checkpoint.

Sekilas info saja, Bus SBS 170 ada 2 jenis, yaitu pelat merah dan pelat biru (blue plate). Pelat biru (atau 170X) berangkat dari Kranji dan berakhir di Terminal Bus JB Sentral, dengan hanya beberapa pemberhentian.

Pelat Merah (bus 170) berangkat dari Terminal Queen Street dan berhenti di Terminal Larkin. Berhenti di banyak halte bus. Jadi, lebih lama.

b. Causeway Link Bus CW1
Harga tiket: 1,50 dolar Singapura tunai, atau menggunakan kartu ManjaLink. Bus beroperasi dari Kranji mulai 06.30 hingga 23.00. Kalau dari JB Sentral Checkpoint, mulai 04.10 sampai 22.40.

Bus CW1 berhenti di 4 halte, yakni Stasiun MRT Kranji, Pos Pemeriksaan SG Woodlands, Pos Pemeriksaan JB Sentral, dan Terminal Larkin.

2. Tukar Bus Sementara Woodlands
Dari Stasiun MRT Woodlands, kamu perlu jalan kaki ket Woodlands Bus Interchange untuk tukar bus sementara. Ikuti saja papan penanda yang mengarah ke Bus Interchange.

Lokasinya di samping stasiun MRT. Dari Woodlands Bus Interchange, ada satu bus yang bisa kamu ambil langsung menuju Woodlands Checkpoints, yaitu SMRT Bus 950.

Harga tiketnya: 1,47 dolar Singapura dengan kartu EZ-Link, atau 2,30 dolar Singapura secara tunai. Bus beroperasi mulai 05.30 hingga 23.30.

SMRT Bus 950 akan membawa Anda ke Johor Bahru melalui Woodlands Checkpoint (First Link). Kemudian dilanjutkan ke JB Sentral Checkpoint dan JB Sentral Bus Terminal untuk menjemput penumpang sebelum kembali ke Singapura.

Selain SMRT Bus 950, ada ada beberapa bus lain yang menuju ke Woodlands Train Checkpoints. Dari Checkpoint Kereta, sekitar 10 menit berjalan kaki ke Woodlands Checkpoint.

Ini Beberapa Bus yang Rutenya ke Train Checkpoint:
– Bus 856 (berhenti 6 halte sebelum mencapai Train Checkpoint).
– Bus 903 (10 halte bus sebelum Train Checkpoint).
– Bus 911 (6 halte bus sebelum Train Checkpoint).
– Bus 912 atau 912B (11 halte bus sebelum Train Checkpoint).

3. Layanan Bus dari Terminal Queen Street
Terminal Queen Street berjarak sekitar 15 menit berjalan kaki dari stasiun MRT Bugis dan Rochor. Terletak di Queen Street, antara Arab Street dan Ban San Street.

Dari MRT Bugis, ambil Exit A atau B, jalan di sepanjang Victoria Street hingga bertemu Arab Street, lalu belok kiri.

Dari Rochor, ambil jalan keluar A atau B, jalan menuju Ophir Road, belok kiri ke Rochor Canal Road, lalu belok kanan ke Ban San Street.

4. Singapore-Johore Express Bus (SJE)
Rute Bus SJE sama persis dengan CW2, dengan kursi lebih nyaman. Untuk frekuensi, sulit diprediksi karena belum ada aplikasi yang bisa digunakan mengecek jadwal keberangkatan bus SJE dan CW.

Harga tiketnya SJE: 3,30 dolar Singapura. Sebagian besar banyak yang memilih naik CW2 ketimbang SJE ini, karena dapat melanjutkan perjalanan dengan bus CW lain, tanpa harus bayar lagi.

5. Naik Bus dari Jurong East (Temporary Bus Interchange)
Dari MRT Jurong East, ambil jalan keluar (Exit) A, dan ikuti arah ke persimpangan bus. Ada satu bus yang menuju JB melalui Woodlands Checkpoint.

Nama busnya: SBS 160, tarif 1,84 Singapura dengan kartu EZ-Link, atau 2,50 Singapura secara tunai.

Ada 3 bus lain yang menuju ke JB melalui Tuas Second Link Checkpoint: CW3 (Tarif: 4 dolar Singapura tunai ke Larkin), CW4 (Tarif: 4 dolar Singapura + RM 4,20 tunai ke Terminal Bus Pontian) dan CW4S (Tarif: 4 dolar Singapura + RM 4,80 tunai ke Sutera Mall).

Bus SBS 160 berhenti terakhir di Terminal JB Sentral. Sayangnya, bus inimelewati banyak halte sebelum Woodlands Checkpoint.

Bus CW3 tujuan akhir Terminal Larkin, rutenya melewati SG Tuas 2nd Link Checkpoint, Terminal Bus Gelang Patah, Taman Bukit Indah, Perling Mall, Taman Tasik).

Bus CW4 berakhir di Terminal Bus Pontian, melewati SG Tuas 2nd Link Checkpoint dan Terminal Bus Gelang Patah).

Bus CW4S berakhir di Sutera Mall dengan melewati Checkpoint SG Tuas 2nd Link, Terminal Bus Gelang Patah, Lima Kedai, Taman Sri Orkid, Taman Ungku Tun Aminah).

6. Bus dari Newton Food Centre
Dari Newton, bisa naik bus Causeway Link CW5 ke Johor Bahru. Bus ini melalui 3 halte: Newton Food Centre, SG Woodlands Checkpoint, JB Sentral Checkpoint.

Tarifnya: 3,50 Singapura secara tunai. Bus beroperasi dari Newton mulai 06.30 hingga 23.30, dan dari JB Sentral Checkpoint mulai 05.00 sampai 22.30.

Dari MRT Newton, ambil Exit B. Jaraknya sekitar 10 menit berjalan kaki dari Stasiun MRT Newton ke Halte Bus CW5. Sedikit membingungkan jalan di daerah itu.

Maklum, lalu lintas di sekitar MRT Newton cukup padat dan tidak ada penyeberangan pejalan kaki.

Kamu harus menemukan jalan ke tempat kuliner Newton, lalu berjalan melintasi tempat parkir terbuka, baru akan menemukan halte bus CW5.

7. Bus dari Boon Lay MRT Station
Dari Boon Lay bisa ke Johor Bahru. Naik saja bus Causeway Link CW6 melalui Tuas Second Link. Bus berhenti dulu di halte Boon Lay, Tuas 2nd Link Checkpoints, Taman Bukit Indah, Giant Nusa Bestari, Taman Tasik, Terminal Larkin.

Tarif: 4,50 dolar Singapura tunai. Bus CW6 beroperasi dari Boon Lay mulai 07.30 hingga 22.40. sedangkan dari TF Value Mart mulai 05.00 hingga 21.30 (Senin-Jumat) dan 06.00-21.10 (akhir pekan atau hari libur).

Dari MRT Boon Lay, ambil Exit B, lalu jalan kaki, lurus saja sampai jalan utama (Boon Lay Way), kemudian belok kanan, dan akan melihat halte bus.

8. Dari Bandara Changi (Terminal 2 dan 4)
Dari Bandara Changi, bisa naik Bus Transtar TS1 dari Terminal 2 dan Terminal 4. Tarifnya: 9 dolar Singapura dengan kartu EZ-Link, atau tunai 10 dolar Singapura. Dibayar saat naik bus.

Bus berangkat dari Terminal 2, Terminal 4, berhenti beberapa kali sebelaum mencapai JB Sentral Checkpoint. Kalau ada kesulitan arah, silakan tanya konter di Terminal 2, Lantai 1.

10. Dari Resort World Sentosa
Dari Stasiun Harbourfront, kamu jalan saja melalui “Boardwalk” ke Resort World Sentosa, atau naik Sentosa Express Monorail dari Lantai 3 Vivocity dan turun di Stasiun Promenade.

Di Resort World Sentosa, naik ekskalator ke Basement dan ikuti petunjuk arah ke Coach Bay. Dari sini, kamu bisa naik Bus Transtar TS8. Tarifnya: 6 dolar Singapura dengan kartu EZ-Link atau tunai 7 dolar Singapura.

Bus berhenti terakhir di JB Sentral Checkpoint. Jika bingung, bertanya saja di konter Coach Bay. Bisa tanya informasi bus TS8 yang berangkat ke Johor Bahru.

9. Bus dari Yishum Temporary Bus Interchange
Dari Stasiun MRT Yishun, ambil jalan keluar C. Naiklah ekskalator di depan NTUC Fairprice ke arah terowongan, lalu naik ekskalator ke Pusat Perbelanjaan Northpoint.

Di dalam Northpoint, kamu akan menemukan arah ke persimpangan bus.Di persimpangan bus Yishun, dapat naik bus AC7 ke Pos Pemeriksaan JB Sentral. Tarif: 2,20 dolar Singapura dengan kartu EZ-Link atau tunai 2,50 dolar Singapura.

10. Bus dari Marina Square
Bus TS3 membawa Anda dari Singapore CBD (Central Business District) ke Johor Bahru CIQ melalui First Link (Woodlands) dan sebaliknya. Hanya saja, bus beroperasi pagi dan sore hari.

Silakan ke Pan Pacific Hotel dulu, aik MRT ke Promenade lalu berjalan kaki sejauh 450 meter. Kamu bisa pula naik bus dari Downtown MRT Station, Clarke Quay dan beberapa halte bus lainnya.

Harganya: 6 dolar Singapura dengan kartu EZ-Link atau 7 dolar Singapura secara tunai. Ongkos pastinya harus dibayar setelah naik.

11. Bus dari The Star Vista
Bus TS6 merupakan alternatif dari bus CW3. Rata-rata penumpannya warga lokal yang tinggal dan bekerja di bagian barat Singapura, akan pergi ke Jurong East, dan naik bus CW3/CW4/CW4S ke Johor Bahru.

Kini, orang yang tinggal atau bekerja di dekat MRT Buona Vista, MRT One Nort, MRT Kent Ridge, Jalan Ahmad Ibrahim, MRT Gul Circle, MRT Tuas West Road, MRT Tuas Link, bisa menghemat waktu dengan naik TS6.

Bus TS6 berakhir di Terminal Bus Gelang Patah, dari sana naik bus lain atau naik Grab menuju bagian lain Johor Bahru. Tarif 4,5 dolar Singapura dengan kartu EZ-Link atau 5 dolar Singapura tunai.

12. Bus dari Stasiun MRT Tuas Link
Stasiun MRT Tuas Link merupakan stasiun MRT paling barat, dekat Tuas Checkpoint. Tapi, tetap tidak bisa jalan ke Tuas Checkpoint.

Sebaliknya, membutuhkan bus Causeway CW7. Biayanya 4 dolar Singapura tunai, atau 3,8 dolar Singapura melalui kartu EZ-Link, 3,5 dolar Singapura lewat Manjalink.

Gunakan kartu EZ-Link yang terletak di konter, bukan di dalam bus. Selain itu, EZ-Link hanya bisa digunakan di Singapura, bukan di Johor Bahru.

Jika punyanya uang tunai dan Manjalink, bisa menggunakan di dalam bus. Untuk menuju titik keberangkatan bus, ambil Exit A di Stasiun MRT Tuas Link. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.